Cara Install Lenovo S920

lenovo S920 Tehnik installasi firmware ( ROM ) baru di Handphone berjenis android teleh berjubel banyaknya, saya sendiri hanya ingin me... thumbnail 1 summary
lenovo S920
Tehnik installasi firmware ( ROM ) baru di Handphone berjenis android teleh berjubel banyaknya, saya
sendiri hanya ingin mendokumentasikan sedikit pengetahuan saya tentang menginstall ROM di Hape Lenovo S920, yang berchipseet MTK6589



Mengenal beberapa Jenis ROM yang ada di Handphone Lenovo S920
- ROM Internasional Official
- ROM China ( Chinese ROM = Cusrom )


Pada dasarnya tehnik nya terbagi menjadi 2
1. Menggunakan Bantuan PC komputer
2. Langsung di Handphone



Untuk yang menggunakan bantuan PC komputer biasanya merupakan ROM Official ( ROM pabrikan langsung ), dimana dalam proses Penginstallanya memerlukan beberapa kondisi yang terlebih dahulu dipenuhi, seperti : Driver USB sudah Terinstall, Driver VCOM telah terinstall, Lenovo PC Suite telah terinstall ( kalo software satu ini hanya interface komunikasi PC suite belaka, tanpa inipun juga sudah bisa memproses )

Syarat syarat dari penginstallan ROM ini berbeda beda,
  1. jika kita akan menggunakan ROM internasional (Official), maka kita memerlukan bantuan sofware yaitu SP Flash Tool ( sofware ini biasanya sudah disertakan di dalam packed rom yang di berikan oleh developernya)
  2. jika kita akan menginstall CUSTOM ROM, perhatikan baik baik pada keterangan yang diberikan di website penyedia CUSROM tersebut. apakah berbasis Internasional, atau berbasis Chine ROM, ini sangat penting mengingat banyaknya kesalahpahaman dan terjadinya bootlaping ( dari beberapa share temen groups yang saya ikut di FB)
  3. Jika Base adalah ROM China maka Install terlebih dahulu ROM Official CHina, kemudian baru install CWMR/ TWRP china, dan CUSROM yang disediakan
A. Langkah Langkah INSTALL OFFICIAL ROM ( MENGGUNAKAN PC KOMPUTER)


  1. Versi ROW OS Installer Via PC, saya ambil contoh Paket ROW 117
  2. Ekstract File tersebut sehingga membentuk Satu Susunan Folderyang di dalamnya terdiri atas folder- apdb- FlashTool- Modemdb- Target_bin- MD5SSUM.txt
  3. Buka Folder Flashtool
  4. Jalankan Fashtool.exeSettingan Program Flashtool.exe sbb-> Ceklist DA DL All with Check Sum-> Jika Program masuk dalam RUNTIME TRACE MODE, maka tekan ALT+CTRL + T ( maka akan masuk dalam kondisi Normal)-> Pilih SCATER-LOADING - dan arahkan ke - /Target_bin/MT6589_Android_scatter_emmc.txt
  5. Tekan Download ( Biarkan proses sampe selesai dulu )
  6. Matikan HH nya, Copot Baterei 5 detik aja, pasang kembali
  7. Proses 6 HH selanjutnya jangan di hidupkan ( artinya dalam kondisi OFF )
  8. Colokin HH ke USB nya, dan proses akan berjalan
  9. langkah no 8 sangat penting dan jangan di cabut ( karna proses sedang transfer file dari komputer ke HH )
  10. Tunggu proses langkah 8 dan 8 sampai muncul tanda SUCCES, selesai
  11. Cabut USB nya, hidupkan HH
  12. waktu pertama loading cukup memakan waktu lama saat booting ( 2 - 5 menitan ) jadi jangan panik
  13. Tunggu sampai proses Loading selesai dan Android OS sudah benar2 Siap.
  14. Done Android anda telah Terinstall dengan sempurna

    Catatan : jika ingin menggunakan CUSROM di Lenovo S920, kebanyakan menggunakan Base ROM CHina, maka instal-lah Official China ROM terlebih dahulu sampai selesai, adapun langkahnya sama saja dari bagian A 1 - 15 dengan menggunakan PC KOMPUTER. setelah itu silahkan anda beranjak ke langkah B

B. Langkah Langkah INSTALL CUSROM | Base Chinese ROM( MENGGUNAKAN CWMR)
Beberapa yang yang diperlukan dalam persiapan Install CUSROM adalah sebagai berikut :


  1. Root Terlebih Dahulu dengan framaroot.apk
  2. Download Recovery.img sesuai paketnya ( base China )
  3. Copykan Paket CUSROM yang anda punya di SDCARD ( Misalnya Base Cina VIBEUI )
  4. Download Mobile Uncle di Playstore
  5. Update Recovery Menggunakan Mobile Uncle Versi Recovery 5 .Cn atopun Recovery 6. CN
  6. Setelah Selesai Reboot Into Recovery -> anda akan dibawa ke modus Recovery Mode
  7. Install Paket ROM tersebut
  8. Install Gapps ( Google Aplication )
  9. done 
  10. reboot HH

Jika ingin mengambil file dari website needrom.com
silahkan pakai id bersama blog ini
username : appsmobile
password : appsmobile.blogspot.com

PERALATAN TEMPUR nya SBB :



ROM BASE INTERNASIONAL - OFFICIAL
ROM BASE CHINA - OFFICIAL

CUSROM ROM BASE CHINA 



Recomanded CUSROM LENOVO S920 Kitkat Rede
- www.needrom.com

50 comments

  1. gan ane mau flash nih, ane udah ikutin petunjuknya, tp kok HH ane masih lom bisa ke baca ya sma laptopnya...
    kira2 kesalahan ane dmana ya gan?
    minta bantuannya gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba gan restart pc nya dulu. Kalo mau yang video anne dah buatin coba telusuri lagi dibawah video anne yang install firmware di youtube

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. itu filenya kok rar semua..??
    apa bisa file rar dii instal via cwm mastah/om/BoSs.....
    mohon info nya.....
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang rar di bongkar dulu bro, didalam nya ada tuh
      kalo installernya .zip

      Delete
  3. Terima Kasih bro,,tutorial-ny sangat mmbantu sekali,,:D GBU

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. 4 ato 8 pada prinsipnya sama aja. Ga jadi masalah bro. Tehnik sama aja

      Delete
    2. Kalau dr cn flash ke row boleh tak

      Delete
    3. Kalau flash cr cn ke row bisa gak

      Delete
    4. Bro kalau flah s920 cn ke row blh gak

      Delete
    5. Install dulu official row nya menggunakan sp flash tool. Harus lengkap. Nanti pada cwmr nya akan otomatis ganti yg row dulu. Stelah jadi baru terserah mau di upgrade versi apapun boleh.

      Delete
  5. Gan ada file yang ROW dan CN itu maksudnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ch (custom base row yang sudah di modif total dan harus menggunakan cwmr cn juga)
      Base row (rom basaaan aseli dari developernya blm di custom atau masih aseli)

      Delete
  6. gan ini costom rom nya sama sumua ga buat lenovo s290 gsm/wcdma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan. Gsm/wcdma adalah modular jaringan dlm rom nya.

      Delete
  7. gan ane punya lenovo s920 dan kayaknya pakai cusrom gg paham maksudnya nih hp maksud ane pengen ane rubah tulisan n bahasnya biar gg china dan pencariannya biar bsa kayk hp pada umumnya gmna ya caranya biar bsa kayak hp2 yg gg tulisan china soalnya inihabis tak upgrade sistem jadi gg bsa playstore nya. t

    ReplyDelete
  8. mas bro download frimwarenya dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba telusuri di link yg ada di youtube. Anne dah repokan dan lupa link nya. Cek di youtube anne brow.

      Delete
  9. misalkan saya mau flash s920 cusrom ke rom international bsa t

    ReplyDelete
  10. Gan.. tolongin ane gan.. HH Lenovo s920 ane, tiba2 aja mati total.. di charge gak bisa, di copot battere dan di disambungkan ke laptop juga gak ke detect.. mati sama sekali... kira2 itu kenapa y? posisi terakhir HH udah di di root, tp blm di partisi.. mohon pencerahannya suhu2 skalian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat di cas ada indikasi lampu nyala nggak. Atau di colokin ke usb komputer.
      Coba ganti kabel dulu. Barangkali kabel yg jadi penyakitnya. Kalo nggak bisa jadi colokan female di hh yg kendor.

      Delete
  11. bos lenvo q s920 4。mengalami invalid imei. berbagai cara gagal untuk ngembalikan imei asal. skrng bisanya pke random imei. kesulitan saya ni kok bahasanya china... versi rom nya china. sama produk google gak compatible. gimana y bos supaya balik lg ke versi rom yg 121. mohon bantuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isntall versi row 121 dulu. Trus update semua fasilitas google baik email, gplay. Dll (pokoknya yg berbau dec google)
      Abis itu baru kalo mental semua
      Update cwmr
      Ubah ke room custom row
      Update dev google

      Delete
  12. Gan punya saya leny s920 8 gb, row ny udah 221, pertanyaannya
    Kalo mau custom rom yg lain apa mesti di balikin ke row 117 dulu apa gmna??
    Apa aja yg musti di siapin sebelumnya??
    Boleh dong kasih tutor lengkapnya soalnya saya nubi parah nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak gan
      Tinggal update cwmr nya
      Cari cusrom yang base row (jangan yg base cn)
      Install via cwmr cusrom versi row. Beres
      Lakukan update semua apps dev by google)

      Delete
  13. bro gue sdh ikutin petunjuk tapi proses download lama.gk naik persenannya?bagaimana y harusnya

    ReplyDelete
  14. gan kalo salah frimware truz matot gmna solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Install row base versi 121 dulu. Download yang lengkap.
      Installasi harus pake komputer

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. gan kalo salah frimware trus matot gmna solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga2 masih kedetect sama pc komputer, selama ini saya sudah beberapa kali menghidupkan mbak leni yang mabok karna salah firmware>

      Solusinya cukup simpel
      pake row base on dulu ( versi internasional )
      pemaksaan nya menggunakan pc komputer

      setelah selesai versi ROW baru mau di oprek lainya ga papa kok
      yang penting versi nya jelas base on CN ato ROW

      kalo Base On CN, pakai semua firmware yang CN, demikian juga sebaliknya dalam mengoprek harus konsisten

      Keep Oprek

      Delete
    2. BROM ERROR : S_FT_ENABLE_DRAM_FAIL (4032)
      flash nya tidak bisa jalan..ada solusi nya
      hp mati..tapi kalau ke pc driver masih detect led merah

      Delete
  17. Mas Itu recofry.img nya bawaan lenovo ada ngak ? Aku dulu pernah instal recovery CWM buat ganti rom tapi imeinya hilang , terus aku benerin ke tempat service , setelah itu dia mbenerin hp saya tapi dibalikin kejelibin saya updete lewat pembaruan tapi recoverynya ngak mau jalan harus yang ori ? Iti recovery 5 & 6 recofery punya lenovo bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek postingan anne ttg emai brow.work di leni juga

      Delete
  18. Mas Itu recofry.img nya bawaan lenovo ada ngak ? Aku dulu pernah instal recovery CWM buat ganti rom tapi imeinya hilang , terus aku benerin ke tempat service , setelah itu dia mbenerin hp saya tapi dibalikin kejelibin saya updete lewat pembaruan tapi recoverynya ngak mau jalan harus yang ori ? Iti recovery 5 & 6 recofery punya lenovo bukan ?

    ReplyDelete
  19. Mas Itu recofry.img nya bawaan lenovo ada ngak ? Aku dulu pernah instal recovery CWM buat ganti rom tapi imeinya hilang , terus aku benerin ke tempat service , setelah itu dia mbenerin hp saya tapi dibalikin kejelibin saya updete lewat pembaruan tapi recoverynya ngak mau jalan harus yang ori ? Iti recovery 5 & 6 recofery punya lenovo bukan ? Ini pinku mas bantuin 7CF8958B

    ReplyDelete
    Replies
    1. Injeck cwmr yang recovery row base lagi via sp flash tool
      Buka aja paket intaller row 121. Nah di situ ada boot.img
      File.inilah yng harus di injeck ke hh nya.
      Stlh berhasil inject boot.img
      Lakukan update via OTA baru jalan

      Delete
  20. Maaf.. Macam mana nak tahu firmware Dari China atau international?? Boleh bagi contoh??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek di postingan anne brow. Ada di sini juga thanks

      Delete
  21. Saya mau nanya ni Gan. Saya masih pemula ni maaf sebelumnya saya masih bingung. Lenovo s290 Base Cina saya. habis di falsh ga bisa nyala lagi udah saya download macam2. gak juga masih tetap eror 4032.. dan gak bisa hidup! tetapi masih detek ke com. tolong kasih langkah dan link yang harus di lakukan gan. terimaksih sebelumnya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gini gan. Kalo base china, kalo mau pake cusrom ya harus base china juga gan. Jangan base china di kasih cusrom internasional pasti bootlaping
      Thanks
      Moga membantu

      Delete
  22. Gan saya punya hp Lenovo s290 base china. sesudah di instal gak mau hidup tetapi masih detek ke com. tolong kasih langkah dan linknya gan. saya masih pemula ni. makasih sebelumnya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.hrs di injeck dulu cwmr yang paket internasional (row base)
      2.menggunakan PC komputer flash paket 221(row base)
      3. Kalo semua udah sukses baru silahkan pakai cusrom (row base)

      Jika ingin ke china base
      1. Injeck cwmr dulu (cwmr base china official)
      2. Install full rom (base china)
      3. Setelah jadi baru gunakan cusrom base china

      Istilah
      Base cn (base china)
      Base row (base internasional)

      Delete
  23. gan, hp saya lenovo s920. kondisi mati total, g bisa d charge biar ganti charger/kabel. kl d sambung k laptop tanpa batre nyala indikator batre warna merah, kl batre d pasang g ada lampu indikator nyala. tlg kasih langkah2nya gan, trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak masih bisa ketolong.
      1. Pastikan driver terinstall dulu(ini pekerjaan susah2 gampang)
      2. Batre di cabut di colokin pc kom kedetect (brarti hanya bootlaping aja, bukan matot)
      3. Pakai pc kom yang win7 aja. Win 8, win10 banyak gagal masukin drivernya(tau kenapa sebabnya)

      Lakukan installasi dr base row dulu. Ada dibagian bawah video anne. Silahkan lakukan percis spt itu. Sabar dan coba2 ya brow.jangan menyerah

      Delete

Silahkan Tuliskan Komentar Anda
DI kolom yang di sediakan